Wednesday 30 November 2011

Mars PLH Beserta Tafsirannya

Tuhan ciptakan alam nan indah
Manusia penerima amanah
Wahana karya bernilai ibadah
Ambil manfaat jangan serakah

Tafsiran..
Tuhan telah menciptkan alam ini dengan sangat indahnya untuk dimanfaatkan oleh makhluknya terutama manusia. Dan manusia diberi amanah untuk melindungi dan melestarikannya selalu. Setiap amanah yang kita lakukan akan bernilai ibadah di mata Allah. Kita juga harus pandai - pandai dalam memanfaatkan alam ini, jangan pernahs serakah karena Tuhan akan murka.

Karya agungnya teramat luhur
Semua makhluk hidup makmur
Amal berkah tumbuh subur
Jagad raya sujud syukur

Tafsiran...
Alam semesta ini dalah suatu karya yang teramat besar dan luhur yang telah diciptakan-Nya. Berkat karya-Nya inilah semua makhluk yang tinggal di alam ini dapat hidup makmur dan sejahtera. Alam ini begitu subur dan kita harus selalu menjaganya. Oleh sebab itu Kita harus selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan-Nya kepada kita.

Buma buha mata
Buka mata buka hati
Memelihara alam titipan allah

Tafsiran...
Bukalah mata dan pintu hati kita untuk selalu memelihara, melestarikan, serta menjaga alam titipan-Nya ini. Jangan sekali - sekali kita lupaka akan karunia-Nya. Karena berkat karunia-Nya inilah kita masih bisa merasakan indahnya alam ini.


Jagalah mata, jagalah hati
Ayunkan tangan, langkahkan kaki
Memelihara alam titipan ilahi
cermin insan khalifah fil ardi

Tafsiran...
Kita harus selalu menjaga mata dan hati kita untuk tetap memelihara alam-Nya ini. Mulailah dari sekarang untuk memeliharanya, ayunkan tangan dan langkahkan kaki kita agar kita dapat mencerminkan sebagai khalifah - khalifah terdahulu dan menjadi suri tauladan bagi orang lain.


Karena ulah tangan manusia
Darat dan laut rusak binasa
Warisan anak cucu tak tersisa
Bencana alam dimana-mana

Tafsiran...
Akibat ulah tangan manusia, alam ini menjadi hancur. Darat dan laut pun ikut rusak binasa. Penebangan hutan secara liar, banjir, sampah yang berserakan, semua itu akibat ulah manusia - manusia yang tidak bertanggung jawab. Kini tak ada lagi warisan untuk generasi generasi berikutnya. Dan mereka tidak dapat menikmati dan melihat betapa indahnya alam ini dulu.


Jiwa siswa sma 8
dan pendidikan lingkungan hidup
ecological youth enviromental source
siswa peduli ingkungan hidup
cermin insan khalifah fil ardi

Tafsiran...
Dan kini SMAN 8 Pekanbaru adalah sekolah pencetus terciptanya pendidikan lingkungan hidup. Dimana pendidikan lingkungan hidup itu sangat bermanfaat bagi kita smeua agar selalu menjaga dan melestarikan lingkungan demi terbentuknya lingkungan yang asri kembali. Seluruh siswa diajak dan wajib perduli terhadap lingkungannya demi mencerminkan dan menjadi seperti seorang khalifah.


No comments:

Post a Comment